WELCOME

Blog Kesehatan Lingkungan Urang Banjar

28/01/11

GANGGUAN KEBISINGAN DARI AKTIVITAS PENDULANGAN INTAN DI JALAN TRANSPOL KELURAHAN SUNGAI TIUNG KECAMATAN CEMPAKA KOTA BANJARBARU TAHUN 2010.

                                                             
                                                               KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN MENKES BANJARMASIN
JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN
BANJARBARU
TAHUN 2010

A B S T R A K


KARYA TULIS ILMIAH
MAWARDI (PO 7133007249)

GANGGUAN KEBISINGAN DARI AKTIVITAS PENDULANGAN INTAN DI JALAN TRANSPOL KELURAHAN SUNGAI TIUNG KECAMATAN CEMPAKA KOTA BANJARBARU TAHUN 2010.
(  xv + 96 halaman, tabel, gambar dan lampiran).

             Kegiatan pendulangan intan tradisional yang terdapat di kecamatan Cempaka memang merupakan salah satu obyek wisata daerah yang mungkin daerah lain tidak ada. Namun, dari kegiatan tersebut akan terasa dampak yang negatif bagi masyarakat yang bermukin disekitar wilayah tambang tersebut. Suara tersebut bisa berasal dari bunyi mesin pendulangan maupun dari truk pengangkut pasir dan kerikil yang bolak-balik mengangkut keluar areal untuk di jual pada yang membutuhkan. Suara bising yang ditimbulkan tersenut lama kelamaan akan menimbulkan gangguan kesehatan pada masyarakat diantaranga gangguan komunikasi, susah tidur, gangguan pekerjaan, mudah marah, keluar keringat pada tangan dan kaki serta kaget.
            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gangguan kebisingan pada masyarakat yang bermukim disekitar pendulangan intan di jalan Transpol Kelurahan sungai Tiung Kecamatan Cempaka kota Banjarbaru.
            Hasil pengukuran kebisingan permukiman pada hari kerja cukup tinggi yang dihasilkan dari bunyi mesin pendulangan/dumping dan truk serta kendaraan yang melintas di jalan tersebut. Intensitas kebisingan yang memapar penduduk di kawasan areal pendulangan 67,5 – 74,9 dBA.
Bagi masyarakat yang bekerja sebagai pendulang hendaklah melakukan perawatan mesin secara teratur, baik dan benar.
            Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini hendaknya pendulang agar mempunyai izin dan adanya aturan yang harus dipatuhi bagi pendulang dan pemberian sanksi terhadap pelanggaran yang dilakukan, menertibkan bangunan yang berada dekat dengan tepi jalan, bagi masyarakat agar dapat memperhatikan jenis bahan bangunan yang mempunyai fungsi optimal dalam meredam bising dan bergotong royong dalam kegiatan penghijauan di lingkungan rumah dan di areal bekas lokasi pendulangan.

Kata kunci        : Kebisingan, Aktivitas Pendulangan, Masyarakat, Jalan Transpol .
Kepustakaan     : 27 (1985 – 2010).

1 komentar:

  1. Samsung Galaxy Watch 3 Titanium 2 review
    We're all about the Samsung Galaxy Watch 3, the latest flagship smartphone manufactured titanium dive watch by an advanced division of Apple. It's like the original Galaxy Pros and cons include: Fantastic head titanium tennis racket 3.5-in-1 display ⋅ Some of the titanium dioxide formula best-selling Samsung Pros and titanium sia cons include: Great navigation ⋅ Some of the best-selling Samsung Galaxy Rating: 4.5 · ‎Review by Tithi Vijayanawak smith titanium

    BalasHapus